manusia dan harapan



Manusia dan Harapan

A. Pengertian Harapan

Harapan berasal dari kata harap yang berarti keinginan supaya sesuatu terjadi, sehingga harapan dapat diartikan sesuatu yang diinginkan dapat terjadi. Yang dapat disimpulkan harapan itu menyangkut permasalahan masa depan. Setiap manusia mempunyai harapan. Manusia yang tanpa harapan, berarti manusia itu mati dalam hidup. Orang yang akan meninggal sekalipun mempunyai harapan, biasanya berupa pesan – pesan kepada ahli warisnya.

Dorongan manusia ingin mempunyai harapan biasanya karena ingin memperbaiki kehidupannya agar lebih baik.  Harapan bisa dilakukan dengan cara berdoa, kepercayaan, usaha untuk meningkatkannya. 


B. pengertian Doa

 Menurut bahasa do'a berasal dari kata "da'a" artinya memanggil. Sedangkan menurut istilah syara' do'a berarti "Memohon sesuatu yang bermanfaat dan memohon terbebas atau tercegah dari sesuatu yang memudharatkan


C. Pengertian kepercayaan

Kepercayaan berasal dari kata percaya, artinya mengakui atau meyakini akan kebenaran. Kepercayaan adalah hal – hal yang berhubungan dengan pengakuan atau keyakinan akan kebenaran.


D. Hubungan manusia dengan harapan

Manusia lekat sekali dengan harapan, jika tidak ada manusia tidak aka nada harapan yang terwujud, jika tidak ada harapan tidak ada acuan manusia untuk bisa melakukan hal yang lebih baik untuk diri sendiri. Contoh harapan dalam kehidupan sehari-hari yaitu ketika siswa sedang bersekolah dan sedang melakukan ujian siswa sangat berharap kalau hasil ujian itu baik dan memuaskan nilainya.









Komentar

Postingan Populer